Bongkar Tuntas Spesifikasi Samsung Galaxy S8


Galaxy S8, salah satu flagship andalan Samsung di tahun 2017 selain Galaxy S8+. Spesifikasi Samsung S8 pada dasarnya hampir serupa dengan Galaxy S7 Edge dengan beberapa peningkatan. Upgrade yang dilakukan seperti tampilan layar, memindahkan sensor sidik jari ke bagian belakang, menambahkan tombol asisten pribadi Bixby di samping dan menawarkan ponsel dalam dalam dua ukuran.
gambar samsung s8 sumber google

Spesifikasi layar Galaxy S8 andalan diantara nya adalah bentang layar 5,8 inci Super Amoled Quad HD+ atau setara 2960 x 1440 piksel 570 ppi yang dilapisi pelindung kaca Gorilla Glass 5. Ukuran layar tersebut secara signifikan lebih besar dari S7 5.1inci, atau layar S7 Plus 5.5-inci dan bahkan iPhone 7 Plus. Secara dimensi ukurannya mencapai 148,9 x 68,1 x 8mm namun tak terkesan terlalu besar sebab ketipisan bezel yang mengelilingi layar dengan menerapkan teknologi Infinity Display dari ujung ke ujung. Aspek rasio berubah dari 16,9 di flagship sebelumnya menjadi 18,5: 9 untuk pengalaman sinematik yang sangat mengagumkan.

Layar Galaxy S8 pun sudah bersertifikat Premium Mobile HDR. Adalah sebuah teknologi baru dengan tujuan menghadirkan pengalaman menonton serasa televisi 55 inci ke smartphone. Teknologi HDR ini mampu mereproduksi jajaran warna lebih lebar dan lebih terang, dengan begitu layar bisa menghasilkan area cerah, akan tetapi tetap mempertahankan area gelap. Secara default, layar Samsung S8 diatur ke resolusi FHD +, tetapi pengguna dapat dengan mudah beralih ke resolusi WQHD+.

Secara keseluruhan dimensi Samsung S8 tetap terasa nyaman bagi pengguna yang memiliki tangan yang kecil. Perlu diketahui bahwa tombol Home sekarang menjadi tombol virtual di layar dan tidak lagi berupa tombol fisik di bawah layar. Persisnya ada 3 tombol virtual yang ditempatkan di layar yaitu Recent App, Home dan Back. Tombol bekerja dengan baik dengan respon haptic yang solid. Pemindahan sensor sidik jari persis di samping sensor kamera utama boleh jadi akan sedikit menimbulkan masalah. Hal ini karena dimensi sensornya yang cukup sempit sehingga sulit untuk menempatkan jari tanpa melihat. Bagi mereka yang berjari besar pun sangat mungkin juga akan menyentuh sensor kamera tanpa sengaja.

Selain sensor sidik jari, membuka ponsel yang terkunci pun bisa memanfaatkan beberapa opsi biometrik lain yang diberikan Samsung. Ada pengenalan wajah (Face Recognition) dan pemindaian iris (Iris Scanning). Pemindaian Iris akan membuka ponsel lebih cepat dan bahkan bekerja dalam kegelapan, tetapi tidak berfungsi di bawah sinar matahari langsung. Mata pengguna harus terbuka sepenuhnya, tak akan bekerja jika pengguna menyipitkan mata. Sementara Pengenalan wajah tidak hanya lebih lambat tetapi juga mengalami masalah di bawah sinar matahari langsung dan tidak bekerja dalam gelap.

Secara jeroan, spesifikasi Samsung Galaxy S8 mampu memberikan lompatan kecepatan yang sangat signifikan berkat chipset Qualcomm Snapdragon 835 (khusus pasar Amerika) atau chip Samsung Exynos 8895 (untuk pasar global). Galaxy S8 juga dilengkapi dengan memori 4GB yang cukup leluasa dengan 64GB penyimpanan internal serta masih ditambah fitur ekspansi kartu microSD untuk pengguna yang membutuhkan lebih banyak ruang penyimpanan.

Spesifikasi kamera belakang 12-megapiksel di Samsung S8 memang sama dengan yang ada di Samsung S7. Namun Samsung membuat beberapa peningkatan perangkat lunak yang penting. Peningkatan fitur kamera yang utama diantaranya pemrosesan foto multi-image terbaru yang meniru pengoperasian mode HDR+ yang dimiliki Google Pixel dengan mengambil tiga gambar saat pengguna menekan tombol rana. Dari tiga gambar tersebut kemudian dipilih mana yang terbaik lalu ditingkatkan dengan detail tambahan dan data dari dua foto tersisa. Kamera depan kini memiliki resolusi 8-MP yang menghasilkan akan gambar yang jauh lebih baik  di segala kondisi.

Spesifikasi Samsung Galaxy S8
Harga
Rp.6.900.000 (awal Juli 2018)
Display (Pixels)
5.8 inches (2960 x 1440) Super AMOLED Infinity Display
Camera (Back)
12 MP, f /1.7 aperture
Camera (Front)
8 MP, f/ 1.7 aperture
Biometric Scanning
Facial recognition, iris scanner, fingerprint reader
CPU
Snapdragon 835 atau Exynos 8895
RAM
4GB
Storage
64GB
microSD
up to 256GB
Battery
3,000 mAh
Battery Life (4G)
10:39
Size
5.9 x 2.7 x 0.3 inches
Weight
5.5 ounces
Colors
Midnight Black, Orchid Gray, Arctic Silver
Android Version
7.0 Nougat
Charging
USB Type-C
Wireless Charging
WPC and PMA


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel